Jenis lampu untuk aquascape


         Seperti judul di atas kali ini saya ingin membahas lampu atau pencahayaan untuk aquascape. Yak seperti yang kita ketahui bersama bahwa di dalam aquascape kita menanam tanaman hidup atau tanaman asli bukan tanaman sintetis layaknya akuarium ikan biasa. Sejak dari masa SD guru kita telah mengajarkan bahwa tanaman membutuhkan fotosintsesis untuk membuat makanannya sendiri, dan itu memang benar adanya, baik tanaman darat maupun tanaman air semuanya membutuhkan fotosintesis. Untuk berfotosintesis, salah satu unsur yang di perlukan adalah cahaya. Maka dari itu agar tanaman dalam aquascape kita tetap hidup, bahkan tumbuh dan berkembang kita memerlukan pencahayaan dalam aquascape kita. Sebenarnya kita juga bisa memanfaatkan sinar matahari sebagai pencahayaan dalam aquascape kita, namun menggunakan sinar matahari sebagai pencahayaan akan membuat aquascape kita cepat terkena algae jika kita tidak rajin merawatnya, selain itu juga kita tidak bisa meletakan aquascape kita di dalam ruangan yang kita inginkan. Maka solusi pencahayaan untuk tanaman di aquascape kita yaitu lampu. Lampu yang di pakai dalam aquascape kita pun tidak sembarangan, kita tidak bisa memakai lampu pijar yang berwarna kuning, loh kenapa?, ya karena lampu pijar lebih banyak mengubah listrik menjadi kalor daripada cahaya, sehingga suhu di sekitar lampu tersebut sangat panas, ini tidak bagus untuk aquascape kita. Selain itu juga masih banyak faktor yang menyebabkan lampu seperti lampu pijar tidak bisa di gunakan dalam aquascape. Lalu lampu seperti apa yang cocok di gunakan dalam aquascape?, yaitu secara umum menurut para scaper yaitu lampu yang rate kelvinnya 6500k ke atas, lalu lampu apa saja yang boleh di pakai di aquascape?, jawabannya ada di bawah ini, oke langsung saja tidak usah panjang lebar, simak di bawah ini :
  • Lampu T8


          Lampu T8 merupakan lampu berbentuk tabung atau umumnya di sebut neon, diameter tabung lampu ini adalah 1 inch, jika anda ingin menggunakan lampu jenis ini untuk pencahayaan aquascape anda saya sarankan membeli lampu T8 yang khusus untuk aquascape, yang memiliki rate kelvin 10000 kelvin. Lampu T8 10000 kelvin yang khusus untuk aquascape cukup baik untuk menangani pencahayaan dalam aquascape kita. Saya sendiri sudah membuktikan, bahkan tanaman karpet sekelas montecarlo bisa ngarpet dengan pencahayaan lampu T8. Namun beberapa sumber baik dari website-website ataupun forum mengatakan bahwa lampu T8 hanya efektif selama 6 bulan pemakaian, setelah itu sebaiknya di ganti.
  • Lampu T5

          Yang kedua ada lampu T5. Lampu jenis T5 masih cukup banyak di gunakan para penghobi aquascape, mungkin ada pembaca yang bertanya-tanya apa perbedaan T5 dan T8?. Secara umum perbedaan T5 dan T8 yaitu pada ukuran diameter tabungnya, jika pada T8 memiliki diameter tabung 1 inch, pada T5 ini lebih kecil yaitu 13 mm. Dulu lampu jenis ini cukup populer karena harganya yang terbilang ekonomis dan fungsinya juga cukup efektif sehingga banyak di gunakan oleh aquascaper low-budget seperti saya hehe :D . Namun seiring perkembangan zaman lampu ini mulai di tinggalkan karena lampu jenis Led kemampuan dan efisiensi dayanya lebih baik daripada lampu ini.
  • Led Bulb

          Mulai tahun 2015 penggunaan lampu led bulb mulai populer di kalangan aquascaper. Walaupun kemampuan pencahayaanya menurut saya tidak lebih baik dari T8 10000k, tpi harganya yang sangat terjangkau membuat para aquascaper low budget seperti saya hehe :D menjatuhkan pilhan pada lampu jenis ini. Walaupun harganya sangat terjangkau menurut saya kemampuan pencahayaannya cukup baik untuk aquascape.
  • Led HPL

          Nah yang terakhir ini merupakan jenis lampu yang paling recomended untuk aquascape. Lampu jenis ini juga yang membuat kepopuleran penggunaan lampu T5 tenggelam. Mungkin dahulu led HPL harganya mahal makanya banyak yang memilih T5, namun seiring perkembangan zaman banyak jasa-jasa pembuatan led HPL DIY (Do It Yourself) alias bikin sendiri yang tentu harganya jauh lebih murah daripada led HPL pabrikan, sehingga banyak scaper termasuk saya memilih beralih ke led HPL. Banayak faktor yang membuat scaper memilih lampu ini antara lain yaitu kita bisa memilih kombinasi warna dan rate kelvin, sehingga kita bisa membuat simulasi matahari secara baik dengan lampu hpl, efisiensi dayanya jauh lebih baik dari lampu jenis lainnya, suhu lampunya tidak terlalu panas seperti lampu jenis lainnya. Kita pun bisa merangkai lampu ini sendiri jika mau, sudah banyak tutorial-tutorialnya di internet.

Yak di atas telah di jelaskan beberapa lampu yang cocok digunakan untuk aquascape, sebenarnya masih banyak jenis lampu yang bisa di gunakan untuk aquascape, namun di artikel ini saya hanya membahas lampu yang umum atau banyak di pakai aquascaper.
Mungkin cukup sampai disini postingan saya kali ini, mohon maaf atas kekurangan dalam penulisan artikel di atas, jika anda mempunyai kritik dan saran bisa tulis di kolom komentar, semoga bermanfaat.

11 Responses to "Jenis lampu untuk aquascape"

  1. Yang paling rekomended ternyata led hpl ya.. kirain yang blub.. terima kasih gan..

    ReplyDelete
  2. bagus juga, kreatif sekali
    rekomended buat yang cari inspirasi untuk hasta karya

    ReplyDelete
  3. Daftarnya lengkap sekali, jadi buat para pemula bisa belajar bikin

    ReplyDelete
  4. wah, banyak juga yang jenis lampunya. xixixi. baru tahu.....

    ReplyDelete
  5. Thanks infotmasinya sangat bermanfaat ni

    ReplyDelete
  6. Led Bulb ane pernah coba. ni Terang banget gan.. juga awet ane coba juga

    ReplyDelete
  7. gan.. klo ple led smd(yp 360_24 watt) buat tank p60xl30xt35 kira2 bisa buat HG mini gak? mslhnya udh trlanjur beli gan.. atau bisa pke 2 yp 360 aja..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sorry gan baru bales,
      Ane blum prnah coba sih gan, tpi klo ane lihat dri speknya barusan 24w 10000 kelvin y gan?, klo buat HG blum cukup utk tank sgtu, mnurut ane klo harganya smpe 300k an mending agan pke lampu itu, trus satunya agan custom led hpl antara 20-24 w harganya gk beda jauh, kualitas lebih oke.
      (Saran Newbie Disini ane jg masih bljar)

      Delete
    2. Maaf btw HG mini mksdnya HG rumput atau HG seed?

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel