Cara membasmi keong hama di aquascape

          Jika melihat judul artikel saya di atas anda mungkin akan bertanya-tanya, cara membasmi keong?,bukannya keong bagus untuk membantu menangani algae dalam aquascape?. Ada benarnya juga, memang beberapa jenis keong bisa di gunakan untuk membantu menangani algae dalam aquascape, namun ada juga keong yang tidak boleh di biarkan dalam aquascape kita atau biasa di sebut keong hama, lalu mengapa tidak boleh di biarkan?. Yaitu karena beberapa jenis keong tersebut akan mengganggu tanaman kita, selain itu pekembangbiakannya yang cepat membuat keong pengganggu itu mengganggu pemandangan aquascape kita, lalu bagaimana bisa keong ini berkembang biak pesat?. Jawabannya yaitu karena keong merupakan jenis hewan berkelamin ganda atau biasa disebut hermaprodite sehigga tidak membutuhkan pasangan untuk berkembang biak.

  • Penyebab munculnya keong hama

          Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang bagaimana cara membasminya, ada baiknya kita cari tahu dulu sebab-sebab munculnya keong hama di dalam aquascape kita. Oke langsung saja di bawah ini beberapa penyebab munculnya keong hama di aquascape kita :

  1. Biasanya siput atau keong hama berasal dari tanaman yang kita beli yang memang sudah ada keong hama atau telurnya dalam tanaman yang kita beli tersebut.
  2. Kadang-kadang keong ini juga berasal dari pasir substrat yang kita pakai.

  • Langkah pencegahan

          Sebelum kita masuk ke cara membasminya lebih baik kita ketahui dulu cara pencegahannya, karena mencegah lebih baik dari pada mengobati, oke langsung saja simak di bawah ini :

  1. Ketika membeli tanaman pastikan tanaman bersih dari hama keong, sebelum di masukan ke dalam aquascape ada baiknya kita cuci terlebih dahulu tanaman tersebut, langkah ini bertujuan untuk menghilangkan kotoran sekaligus membersihkan tanaman dari keonh hama atau telurnya.
  2. Saat kita akan setup aquascape ada baiknya juga kita mencuci terlebih dahulu substrat yang kita pakai selain itu juga di anjurkan membersihkan hardscape yang kita pakai, kecuali jika kita menggunakan soil untuk substrat kita tidak perlu mencucinya.
  3. Jika ada fauna yang mati segera buang bangkainya dari dalam aquascape kita.

  • Cara mengatasi keong hama

          Yak setelah kita tahu penyebab munculnya keong hama dan cara pencegahannya. Selanjutnya kita akan masuk ke pembahasan utama kita pada artikel ini yaitu cara membasmi keong hama dalam aquascape kita. Oke tidak usah panjang lebar langsung saja simak di bawah ini :

  • Keong assasins


          Yang pertama ada keong assasins. Cara ini sudah banyak di pakai oleh para aquascaper dan terbukti efektif. Keong assasins merupakan salah satu pembasmi hama keong yang efektif. Keong ini merupakan predator dari keong-keong lainnya dalam aquascape kita, maka ketika kita memasukan keong assasins ke dalam aquascape kita sebaiknya kita tidak memelihara keong jenis lain ya karena nantinya bisa jadi mangsa sang keong pembunuh tersebut. Keong assasins ini banyak di jual di toko-toko aquascape

  • Ikan puffer

          Yak selanjutnya ada ikan puffer. Kita juga bisa membasmi keong hama dengan ikan puffer, namun ikan puffer tidak hanya memakan keong hama bahkan keong lain serta udang hias pun bisa turut di makannya. Maka dari itu sebaiknya jika kita mengguanakan cara ini sebaiknya ketika keong hama telah habis di basmi, kita harus segera mengkarantina ikan tersebut.

  • Snail remover
          Selanjutnya kita bisa menggunakan cairan snail remover. Cairan snail remover merupakan cairan pembasmi keong yang tidak berbahaya untuk fauna lainnya. Namun karena cairan ini merupakan cairan pembunuh keong maka jika kita memelihara keong pembasmi algae atau keong yang bermanfaat lainnya tidak di anjurkan menggunakan cara ini. Cairan snail remover bisa anda beli di toko-toko aquascape.

  • Menjebak keong
          Yang keempat kita bisa menggunakan cara jebakan, yaitu dengan cara menjebak keong. Cara untuk menjebak keong yaitu bisa menggunakan mangkuk atau piring yang di atasnya telah di letakan potongan mentimun, piring atau mangkuk tersebut masukan ke dalam aquascape pada saat lampu mulai di matikan lalu angkat piring/mangkuk tersebut saat lampu akan di nyalakan. Cara ini  mungkin efektif ketika aquascape dalam keadaan gelap.
  • Manual
          Yang terakhir yaitu cara manual. Jika cara-cara di atas sudah anda lakukan namun keong hama belum musnah juga anda bisa menggunakan cara manual, yaitu dengan cara memunguti keong hama dengan tangan anda. Untuk cara yang satu ini anda harus benar-benar sabar dan telaten.

Yak di atas telah di jelaskan beberapa penyebab, cara pencegahan, dan cara mengatasinya. Cara-cara di atas merupakan cara yang umum di lakukan.
Mungkin cukup sekian postingan saya kali ini. Jika ada kritik dan saran bisa masukan di kolom komentar. mohon maaf atas kekurangan dalam penulisan artikel di atas, semoga bermanfaat.

8 Responses to "Cara membasmi keong hama di aquascape"

  1. Bagus juga but keong yang Ada dirumahku

    ReplyDelete
  2. ini kasus yg gw pernah kena nih broo,,gw pungutin pelan2...wkkwkwkwkwk

    ReplyDelete
  3. jalan- jalan nemu artikel ini,,, sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  4. bisa diberikan contoh keong hama gan? kalau newbie gak tau bedanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh kalau di komentar ngga bisa kasih gambar, kalau keong hama jenisnya banyak, ada yang kaya di gambar paling atas itu, trus ada yg kerucut kecil2 sprti trompet, nanti kalau udh ada waktu saya buatkan artikelnya ya...

      Delete
  5. Klo saya pake garam dapur yg dilarutkan, trus tuang ke dlm aquarium, hasilnya lumayan bisa membasmi hama keong

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel