Jenis-jenis ikan cupang

Jenis-jenis ikan cupang - Ikan cupang, apa yang anda pikirkan ketika mendengar kata ikan cupang, apakah ikan yang mahal?, tentu anggapan itu tidak tepat karena harga ikan cupang bervariasi dari yang murah hingga mahal. Lalu, apakah ikan yang bertarung atau ikan bersirip yang warna-warni?. Nah itu baru benar, ikan cupang terkenal dengan ikan petarung, hal itu dikarenakan sifat teritorinya, sehingga ketika ada ikan cupang lain yang mendekat maka cupang tersebut akan mengusirnya. Namun tidak hanya itu, ikan cupang juga di kenal sebagai ikan hias yang di pelihara karena keindahan sirip dan ekornya. Kombinasi warna yang menarik pada ikan cupang membuat khayalak ramai tertarik untuk memeliharanya. Keluarga ikan cupang atau biasa di kenal juga sebagai betta sp memiliki beberapa jenis. Jenis-jenis dari ikan cupang sendiri di dasarkan pada bentuk sirip dan ekor cupang tersebut, selain itu juga ada yang dilihat berdasarkan ukuran tubuhnya seperti jenis giant. Untuk lebih tahu jenis-jenis dari keluarga ikan cupang, saya akan membahas beberapa jenis ikan cupang yang populer di pasaran ikan cupang di indonesia. Oke tidak usah panjang lebar langsung saja simak di bawah ini :

  • Halfmoon



          Oke yang pertama ada halfmoon. Seperti namanya halfmoon yang artinya dalam bahasa indonesia yaitu bulan setengah, ikan cupang jenis ini memiliki ekor dan sirip yang seperti menyatu dan membentuk seperti setengah bulan bila di lihat dari sisi samping. Varian warna dari jenis ikan cupang ini sendiri beragam mulai dari merah, biru, ungu dan warna lainnya, namun yang banyak di temui di penjual ikan cupang biasanya kombinasi dua atau tiga warna yaitu antara warna merah , biru, dan ungu. Ikan ini merupakan jenis ikan cupang hias, keindahan sirip dan ekornya membuat banyak penghobi ikan hias tertarik untuk memeliharanya.

Baca juga : Ikan cupang asli dari tanah Kalimantan


  • Plakat (petarung)


          Menurut beberapa sumber yang saya baca nama plakat berasal dari istilah dari Thailand yang kurang lebih diartikan laga atau tarung, seperti namanya ikan ini biasa digunakan sebagai ikan tarung atau ikan adu. Tidak seperti jenis halfmoon, ikan cupang jenis ini memiliki sirip dan ekor yang lebih pendek tidak menjuntai. Keadaan fisik tersebut memberikan kesan kokoh dan kuat, gerakan ikan ini pun tidak sekalem jenis lainnya. Menurut beberapa teman ikan ini juga memiliki tingkat kesulitan yang lebih dari jenis cupang lainnya dalam hal budidaya.
  • Serit (Crown tail)


          Pada awal saya melihat jenis cupang ini, saya kira ekornya sobek-sobek karena bertarung setelah diamati dari dekat dan mencari info tentang jenis-jenis ikan cupang, ternyata memang dari sananya begitu. Menurut beberapa sumber, ikan ini merupakan jenis ikan cupang yang di lahirkan dari para breeder di daerah Slipi, Jakarta. Oleh karena itu kita patut bangga, mengapa di sebut crown tail?, yaitu karena ikan ini memiliki ekor serit-serit seperti mahkota.
Cupang jenis ini juga memiliki dua varian serit ekornya, ada yang tunggal yaitu hanya memiliki satu tulang sirip di setiap serit ekornya dan ada pula yang ganda. Jenis cupang ini juga sudah di akui dunia dan sudah di konteskan di kontes cupang dunia.
  • Giant

Baca Juga

          Giant....yak cupang jenis ini merupakan cupang yang berhasil di kembangkan oleh pembudidaya dari thailand, seperti namanya yaitu giant yang artinya besar ukuran cupang jenis ini jauh lebih besar dari jenis cupang lainnya. Menurut beberapa sumber ikan cupang ini merupakan hasil persilangan dari jenis cupang plakat dengan cupang jenis lainnya. Secara logika dari fisiknya memang memiliki ekor yang tidak terlalu lebar layaknya cupang plakat.

Yak dia atas telah di jelaskan beberapa jenis ikan cupang yang populer di indonesia, nama-nama jenis ikan cupang di atas merupakan nama-nama yang populer atau sering di pakai di indonesia. Sebenarnya masih banyak jenis-jenis ikan cupang di luar sana bahkan menurut beberapa sumber di indonesia pun terdapat jenis ikan cupang liar, namun di sini saya hanya membahas mengenai jenis-jenis ikan cupang yang populer di indonesia.

Yak mungkin cukup sekian postingan saya kali ini, mohon maaf atas kekurangan dalam penulisan artikel di atas, semoga bermanfaat.

1 Response to "Jenis-jenis ikan cupang"

  1. mantap gan akhirnya saya tau nama ikan yang saya beli di pasar wkwk

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel