Udang red cherry udang mudah di pelihara di aquascape

pict by google
           Hallo sobat aquascaper, mumpung kali ini ada kesempatan untuk posting maka di kesempatan kali ini saya ingin membahas tentang udang red chery atau red chery shrimp hehe :D .
Red chery shrimp merupakan udang jenis neocaridina. Udang ini memiliki warna merah yang sangat kontras terutama dengan substrat yang berwarna gelap. Red chery shrimp merupakan udang yang sangat toleran terhadap kondisi air bila di bandingkan dengan udang jenis lainnya, oleh karena itu RCS(red chery shrimp) merupakan udang yang cocok bagi pemula yang ingin memelihara udang di dalam aquascapenya, RCS sangat mudah di rawat bahkan bisa gampang berkembang biak di aquascape tanpa penanganan khusus, meskipun begitu kita harus merawatnya dengan baik supaya mereka tetap sehat, di bawah ini beberapa tips bagi kamu yang ingin memelihar udang RCS :

pH Air

           Untuk memelihara udang RCS akan lebih baik jika pH air asam mendekati basa secara garis besarnya yaitu antara 6-7 di kisaran ph ini bisa membuat warna RCS lebih keluar dan tingkat pertumbuhan dan perkembangbiakannya bagus. Akan lebih bagus jika memelihara udang di aquascape yang menggunakan soil sebagai substratnya, meskipun begitu jika memelihara RCS tidak menggunakan soil pun tidak apa-apa.

Suhu Air

           Dalam memelihara udang red chery usahakan suhu air berkisar antara 25-27 C ,usahakan paling maksimal 30 C karena di suhu itu RCS dapat hidup dengan baik dan pada suhu diatas 27 C tingkat pertumbuhan dan perkembangbiakan lebih baik. Suhu yang leboh rendah dari 25 C akan menyebabkan penyakit dan tingkat kematian udang semakin tinggi.

Water Change

           Water change atau pergantian air juga penting dalam aquascape yang memelihara RCS. Usahakan mengganti air sebanyak 1/4 sampai 1/3 volume air aquascape setiap minggunya, karena hal tersebut akan membuat kualitas air dalam aquascape akan semakin baik.

Cara Memasukan RCS ke dalam Aquascape

           Cara memindahkan RCS ke dalam aquascape dari artikel yang saya baca sedikit rumit menurut saya, maka dari itu saya menggunakan cara seperti cara memasukan ikan kedalam aquascape yaitu dengan mencelupkan wadah yang berisi RCS diatas permukaan air aquascape tapi jangan di buka dulu wadahnya tunggu sampai 15-20 menit baru buka wadah RCS tadi masukan udang RCS beserta air yang ada di dalam wadah tadi secara perlahan.

            Dalam memelihara udang red chery usahakan pelihara didalam aquascape yang mempunyai moss yang rimbun agar RCS dapat berkembang biak dan bersembunyi dari predatornya.
Yak mungkin cukup sekian untuk postingan kali ini,mohon maaf atas kekurangan dalam penulisan artikel di atas, sampai jumpa.

1 Response to "Udang red cherry udang mudah di pelihara di aquascape"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel