Tanaman karpet mudah untuk pemula montecarlo


         Hallo sobat aquascaper, lama tidak posting karena kesibukan di dunia nyata dan malasnya tangan ini untuk menulis haha :D,tidak usah panjang lebar=luas kali ini saya akan membahas salah satu tanaman karpet untuk aquascape yang pernah populer pada masanya halah....yaitu "Montecarlo".
Montecarlo merupakan salah satu tanaman karpet aquascape yang mudah di rawat,hanya perlu ketelatenan khusus untuk memelihara tanaman ini, montecarlo memiliki daun berbentuk oval hampir bulat ukurannya lebih besar dari tanaman karpet cuba,mengapa saya bilang tanaman ini mudah di rawat?,alasannya yaitu karena saya sebagai newbiepun memelihara dan menurut pengalaman saya memang cukup mudah untuk merawatnya, saya menanam montecarlo dengan substrat pasir malang dan pupuk dasar lokal dan CO2 diy seadanya dengan pencahayaan bahkan bukan led hpl, dalam dua bulanan montecarlo sudah lumayan rapet menutupi substrat,padahal saya tidak pernah mengecek ph air dan lain2,paling hanya menambahkan pupuk cair lokal setiap sehabis water change, tetapi pengalaman saya tidak saya rekomendasikan karena itu tergolong cara perawatan yang bisa dikatakan nekat :v.
Untuk perawatan agar monte carlo tumbuh optimal usahakan suhu air dingin sekitar 27 C kebawah usahakan maksimal 28 C dengan pencahayaan yang tinggi dan akan lebih baik lagi jika anda menggunakan led hpl sebagai pencahayaannya, namun begitu jangan terlalu over untuk durasi menyalakan lampu,saya sendiri menyalakan lampu maksimal 8 jam padahal di artikel2 tentang aquascape biasanya menyarankan 8-12 jam, biasanya jika montecarlo kekurangannya cahaya montecarlo akan cenderung tumbuh ke atas bukannya merambat ke samping seperti yang kita harapkan. Jika anda ingin lebih intensif perawatannya anda bisa membeli alat tester ph dan mengecek kadar pH usahakan antara 5,5-8, dan berikan suplay CO2 dengan kadar CO2 yang tinggi tapi jangan over juga. Untuk nutrisi tambahan anda bisa memberi pupuk cair 2-3 hari sekali dan saat penanaman sudah 2-3 bulan anda bisa memberi pupuk tancep(pupuk yang ditanamkan ke substrat dekat akar).
          Mungkin cukup sekian postingan kali ini,mohon maaf atas kekurangan postingan saya diatas, semoga bermanfaat.

0 Response to "Tanaman karpet mudah untuk pemula montecarlo"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel