Pupuk cair untuk aquascape

pupuk cair untuk aquascape
Pupuk cair untuk aquascape - Dari artikel-artikel yang lalu kita membahas hal-hal yang sangat mendasar dalam aquascape. Nah kali ini kita akan membahasa topik yang kategorinya naik sedikit levelnya dari artikel-artikel yang lalu. Kali ini saya akan mengulas artikel tentang nutrisi dalam aquascape, lebih tepatnya tentang nutrisi micro dan macro dalam pupuk cair. Nutrisi merupakan hal yang sangat di butuhkan bagi semua makhluk hidup. Baik manusia, hewan dan tumbuhan semuanya membutuhkan nutrisi untuk tumbuh dan berkembang. Semakin baik nutrisi yang di berikan pada suatu makhluk hidup maka semakin optimal pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup tersebut. Nah begitu pula dalam aquascape, supply nutrisi yang baik sangat di butuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan flora aquascape kita. Salah satu cara menyuplai nutrisi ke dalam aquascape adalah melalui pupuk cair. Pupuk cair bukanlah hal yang asing dalam dunia aquascape, walaupun pupuk cair tidak mutlak harus digunakan dalam aquascape, namun pemberian pupuk cair sangat di rekomendasikan, apalagi jika di dalam aquascape tersebut banyak tanaman yang tumbuhnya menempel di batu atau kayu, seperti moss, anubias, buchephalandra dan masih banyak lagi yang memang hanya mendapat nutrisi dari zat nutrisi yang larut dalam air.

Berbicara masalah pupuk cair, kebanyakan aquascaper pemula tidak memperhatikan jenis nutrisi yang terkandung di dalamnya. Kebanyakan kalangan aquascaper pemula hanya menuruti dari rekomendasi pupuk cair yang banyak di pakai tanpa memperhatikan zat nutrisi yang terkandung dan apa manfaatnya bagi pertumbuhan flora dalam aquascape. Memang, kebanyakan pupuk cair yang di jual sudah memiliki nutrisi yang kompleks antara nutrisi macro dan nutrisi micro, namun ada juga pupuk cair yang di jual dalam kategori terpisah yaitu pupuk cair micro dan pupuk cair macro, lalu apa sih bedanya nutrisi micro dan macro?. Nah oleh karena itu artikel ini di buat, oke untuk mengetahui apa perbedaan nutrisi micro dan macro sekaligus manfaatnya, simak di bawah ini
Baca juga : Jenis-jenis alga aquascape dan cara mengatasinya

nutrisi micro dan macro untuk aquascape
  • Nutrisi Macro

Macro nutrients atau nutrisi makro merupakan nutrisi pokok yang di butuhkan untuk menunjang  kelangsungan hidup tanaman, seperti kebutuhan proses fotosintesis. Kebutuhan nutrisi makro dalam aquascape relative lebih besar. Yang merupakan nutrisi makro adalah
    • Nitrogen (N)
Fungsi nitrogen sendiri bagi tanaman salah satunya adalah merangsang pertumbuhan untuk seluruh bagian dari tanaman. Efek dari kekurangan unsur hara nitrogen sangat vital, antara lain adalah pertumbuhan lambat, pertumbuhan daun tidak optimal, warna daun juga tidak hijau fresh.
    • Kalium (K)
Selanjutnya ada kalium, fungsi kalium sendiri antara lain berperan dalam proses fotosintesis, untuk kekebalan tanaman, dan sebagainya. Efeknya apabila kekurangan unsur kalium salah satunya adalah batang dan daun lemas, warna daun tidak hijau fresh.
    • Phospat (P)
Lalu ada phospat, Phospat berperan dalam pembelahan sel tanaman dan perbesaran jaringan sel, pertumbuhan akar, dan juga berperan dalam pengangkutan hasil metabolisme tanaman. Apabila kekurangan unsur hara phospat maka salah satu dampaknya adalah pertumbuhan tanaman lambat.

  • Efek kekurangan nutrisi macro

Jadi secara garis besar jika aquascape kita kekurangan unsur hara macro maka kebutuhan pokok dari tanaman akan terganggu dan berakibat pada kelangsungan pertumbuhan tanaman yang antara lain adalah pertumbuhan lambat, daun kerdil dan masih banyak lagi.
  • Nutrisi Micro

Selanjutnya kita masuk ke unsur nutrisi mikro. Unsur nutrisi mikro bisa di katakan sebagai unsur nutrisi pendukung atau penunjang untuk kesuburan tanaman. Kebutuhannya pun relatif kecil. Beberapa fungsi nutrisi mikro antara lain memaksimalkan warna daun, pertumbuhan daun dan lain sebagainya. Pemberian nutrisi mikro dalam aquascape juga tidak boleh berlebihan karena nutrisi micro bukan merupakan nutrisi pokok melainkan nutrisi tambahan. Jika pemberian nutrisi micro berlebihan maka akan berdampak buruk pada flora dan fauna dalam aquascape kita. Apa saja sih yang termasuk unsur nutrisi mikro?, ya untuk tahu lebih lengkapnya simak di bawah ini
    • Besi (Fe)
Yang pertama ada unsur hara besi, salah satu fungsi unsur ini adalah dalam proses pembentukan klorofil pada daun tanaman. Klorofil merupakan zat hijau daun yang juga berperan dalam proses fotosintesis, selain itu klorofil juga yang memberikan warna hijau pada daun. Sehingga apabila kekurangan unsur besi kemungkinan warna daun akan sedikit memudar atau tidak hijau fresh karena kekurangan klorofil.
    • Boron (B)
Selanjutnya ada Boron, Boron sendiri berperan dalam proses pembentukan dinding sel pada tanaman dan juga berperan pada pembentukan titik tumbuh.
    • Mangan (Mn)
Yang ketiga ada unsur hara mangan. Mangan berperan dalam proses pembelahan sel tanaman, juga berperan dalam proses fotosintesis. Maka dari itu jika kebutuhan unsur hara mangan tercukupi maka pertumbuhan tanaman akan lebih optimal.
    • Seng (Zn)
Lalu ada unsur hara seng. Salah satu peran unsur seng adalah sebagai pengatur pembentukan asam yang berfungsi sebagai pengatur tumbuh tanaman. Salah satu akibat dari kakurangan zat seng ini adalah daun tidak tumbuh maksimal, maka dari itu agar pertumbuhan daun maksimal usahakan agar unsur hara seng terpenuhi
    • Cuprum (Cu) 
Selanjutnya ada cuprum. Cuprum berperan sebagai aktivator enzim, juga berperan dalam proses penyimpanan cadangan makanan
    • Molibdenum (Mo)
Oke yang terakhir ada molibdenum. Molibdenum berperan sebagai pengikat nireogen yang ada di lingkungan sekitar tanamana yang akan berguna untuk pembentukan protein.
  • Efek kekurangan nutrisi micro

Jika di atas tadi di sebutkan bahwa nutrisi micro yang berlebih akan berdampak buruk pada isi dari aquascape kita begitu pula sebaliknya. Apabila aquascape kekurangan nutrisi micro maka akan berakibat antara lain pertumbuhan lambat, warna daun kurang maksimal, daun tanaman mudah rontok, tanaman rapuh dan masih banyak lagi.

Nah sekarang udah tahu kan perbedaan nutrisi makro dan mikro?, kalau udah tahu pastinya sekarang kita tahu juga dong perbedaan manfaat dari pupuk cair micro dan macro, sehingga nantinya kita lebih bijak dalam memilih pupuk cair yang akan kita gunakan untuk aquascape kita.

Kesimpulan

Dari artikel di atas yang saya ambil dari berbagai sumber, maka saya ambil kesimpulan bahwa nutrisi macro atau dalam hal ini pupuk cair macro berperan dalam pertumbuhan pokok atau dasar tanaman seperti mengoptimalkan pertumbuhan seluruh bagian tanaman baik batang maupun daun. Sedangkan pupuk cair micro berperan untuk nutrisi tanaman tambahan yang antara lain memaksimalkan warna merah daun(jika menggunakan tanaman warna merah), mengoptimalkan pertumbuhan daun dan memaksimalkan pertumbuhan dan kesuburan tanaman.

      Baca juga

Oke, mungkin cukup sekian ulasan tentang pupuk cair untuk aquascape, artikel di atas bisa menjadi acuan dalam memilih pupuk cair untuk aquascape kita. Namun jangan di jadikan acuan mutlak juga ya, pastinya sesuaikan juga dengan budget (pengalaman sendiri) hehehe. Trial and error akan lebih baik karena kita tahu langsung efeknya bagi tumbuhan. Akhirnya saya mohon maaf atas kekurangan penulisan artikel di atas. Jika ada saran, kritik, request, atau ada yang kurang jelas bisa sampaikan di kolom komentar. Semoga Bermanfaat.

29 Responses to "Pupuk cair untuk aquascape"

  1. wah nambah ilmu lagi nih makasih bro

    ReplyDelete
  2. wah nambah ilmu lagi nih makasih bro

    ReplyDelete
  3. Wah ini ni blog yang selama ini saya cari . Niche aquascape

    ReplyDelete
  4. wah omku juga kerja dibidang ini nih mungkin bisa jadi rekomendasi situs belajar aquascape

    ReplyDelete
  5. infonya bagus buat nambah pengetahuan. dulu pernah mau bikin, tapi gagal... masih harus banyak belajar dulu nih.

    ReplyDelete
  6. gitu ya, thanks mantap nambah ilmu gan

    ReplyDelete
  7. aquascape juga butuh pupuk ya gan,, baru tau gan, makasih infonya....

    ReplyDelete
  8. informasinya sangat bermanfaat banget gan

    ReplyDelete
  9. jadi pupuk cair untuk aquascape itu ya. ok thanks infonya

    ReplyDelete
  10. kayak gimana pupuknya gan !! hargannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pupuknya berbentuk cair gan di dalam botol, produk tertentu ada yg mengeluarkan khusus micro ataupun macro ada jg yg udh kompleks, untuk harga setiap daerah bervariasi dan setiap produk jg beda2, untuk lebih jelasnya ttg harga dan seperti apa bentuknya agan bisa lihat2 di olshop atau di toko aquascape terdekat, terima kasih sudah berkunjung.

      Delete
  11. Gan kalau untuk carpet seed yang masih kecil2 n masih bibit bagusnya pakai yang mana ya... tyu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah ane belum pernah coba carpet seed. Udh di isi air kan?, kalau udh, coba aja pke pupuk cair aquasegar yg seri awal tanam

      Delete
  12. Hallo, assalamualikum.
    ada pertanyaan nih gan, soal pupuk macro dan micro ini.
    apa pemberian pupuknya boleh bersamaan? atau sebaiknya di pisah?
    misal skg macro, besok micro?
    dan satu lg, untuk rentang waktunya berapa lama sekali?

    apa tiap hari? jadi selama 8 hari misalnya udah masing masing 4 kali macro dan micro?
    atau ada jangka bagusnya? terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. langsung di copy aja linknya ke adress bar, soalnya bukan link aktif

      Delete
  13. Gan... Apakah pupuk cair bisa hilang karena filter.... Atau pas dikasih pupuk cair filter harus dimatikan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kalau secara pasti saya belum tau gan pengaruh atau tidaknya filter. Kalau saya sendiri tetep nyalain filter, soalnya kalau menurut saya dengan adanya arus dari filter maka pupuk cair akan tersebar merata, jadi biasanya pas saya kasih pupuk cair, saya kasihnya di depan output filter biar langsung kena arus.

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel