Makhluk aneh pengganggu aquascape dan cara membasminya

          Salah satu hal yang menyebabalkan dalam dunia peraquascapan adalah makhluk pengganggu.
Makhluk pengganggu sangat merugikan bagi si pemilik aquascape karena dapat mengganggu kelangsungan ekosistem yang mereka buat. Terkadang juga tidak hanya mengganggu kelangsungan ekosistem melainkan juga mengganggu tampilan aquascape kita. Oleh karena itu di sini saya akan sedikit mengulas beberapa jenis makhluk pengganggu dalam aquascape, dan mungkin nanti akan saya jelaskan juga cara pencegahan dan cara penanganannya. Oke tidak usah panjang lebar lagi, langsung saja simak di bawah ini.
  • Planaria

 
          Oke sobat aquascaper yang pertama ada planaria. Planaria merupakan salah satu hama aquascape jenis cacing tepatnya cacing pipih. Ciri-ciri cacing planaria adalah berbentuk pipih berukuran rata-rata 0,3-1,0 cm dan biasanya berwarna putih. Planaria berkembang biak dengan cara membelah diri. Planaria biasanya menghuni aquascape yang hanya di isi fauna udang hias. Adapun penyebab berkembangnya planaria dalam aquascape salah satunya adalah over feeding atau pemberian makanan yang berlebihan, sehingga akan menyisakan makanan yang tidak habis di makan fauna dan akhirnya bisa menjadi makanan bagi hama cacing planaria tersebut. Over feeding tidak hanya berakibat pada berkembangnya planaria, over feeding juga mempengaruhi kualitas air dalam aquascape kita, seperti halnya nitrat dan amonia yang meningkat sehingga kualitas air turun.
Dari penjabaran di atas dapat di simpulkan bahwa pencegahan, dan penanganan cacing planaria adalah sebagai berikut
    • Pencegahan
Jangan memberi makan pada fauna berlebihan, karena sisa makanan yang tidak habis di makan fauna akan mempengaruhi kualitas air dan dapat menjadi makanan bagi hama seperti cacing planaria.
    • Cara mengatasi
Jika aquascape kita sudah terlanjur di serang cacing planaria cara mengatasinya adalah sebagai berikut
      1. Menggunakan obat cacing khusus untuk aquascape, tapi cara ini akan sedikit merugikan aquascape, karena mikroorganisme yang berguna untuk aquascape akan ikut terbunuh.
      2. Menggunakan predator alami seperti ikan cupang dan kuhli loach, namun saya tidak menyarankan menggunakan kuhli loach, kaena kuhli loach suka menggali substrat, sehingga dapat merusak aquascape kita. 
        baca juga :Jenis-jenis ikan cupang
      3. Menggunkan siput, loh kok pakai siput?, iya, jangan salah paham ya, yang saya maksud di sini adalah siput untuk aquascape, dan itupun bukan cara kerjanya bukan siput memakan planaria melainkan siput akan memakan sisa-sisa makanan fauna yang tidak habis sehingga cacing planaria akan kalah persaingan dalam perebutan makanan tersebut. 
Oke pembahasan untuk makhluk pengganggu cacing planaria telah selesai, siap-siap untuk masuk ke pembahasan makhluk pengganggu aquascape yang kedua yaitu
  • Larva capung


                 (pict by google.com)
          Yang kedua ada larva capung, Loh capung bisa di air?. Ya, capung merupakan salah satu jenis serangga yang berkembang biak di air layaknya nyamuk. Pada siklus perkambangbiakannya, capung jantan dan betina akan kawin saat terbang di udara, dan akan meletakan telur-telurnya pada tanaman di air. Pada fase larva, larva capung hidup di air berbentuk seperti laba-laba berkaki enam. For your info capung menghabiskan sebagian besar waktunya dalam bentuk nimva/larva dalam siklus metamorfosisnya. Dari alasan di atas maka larva capung termasuk makhluk pengganggu dalam aquascape karena jika capung sampai bertelur di aquascape kita, kemudian telur menjadi larva, nah larva tersebut dapat memakan fauna-fauna kecil dalam aquascape kita.
Dari kesimpulan penjabaran di atas maka penanganan dan pencegahannya sebagai berikut
    • Pencegahan
Cara pencegahan agar aquascape kita tidak menjadi tempat berkembangbiaknya capung cukup simple yaitu jangan biarkan capung terbang , apalagi sampai hinggap di atas aquascape kita. Jika melihat ada capung yang berterbangan di atas aquascape kita, segera usir agar nantinya tidak meletakan telur dalam aquascape kesayangan kita.
    • Cara mengatasi
Jika aquascape kita sudah terlanjur di huni larva capung, cara satu-satunya untuk membasmi larva tersebut adalah mengambil larva capung tersebut,karena tidak ada predator pemangsanya. Untuk mengambil larva capung tidaklah sulit karena pergerakan larva capung dalam air tidak selincah ikan. Sedikit berbagi cerita, kendala saat saya ingin mengambil larva capung dalam aquascape adalah bentuknya. Karena bentuknya itu loh!!ANEH...(mungkin karena jarang melihatnya) membuat saya merasa ngeri-ngeri sedap saat mengambilnya hehehe, walaupun saya tahu bahwa hewan tersebut tidaklah berbahaya.
Yak, pembahasan tentang larva capung telah usai, maka kita masuk ke pembahasan yang selanjutnya yaitu
  • Siput Hama

 
          Yang terakhir ada Siput hama, waaaiiiittt??, siipuuut?, perasaan pada pembahasan planaria tadi siput bermanfaat untuk aquascape ???. Nah yang sedikit info bagi scaper pemula seperti saya hehehe, dalam dunia peraquascapan dikenal dua jenis siput menurut perilakunya, ada siput yang berkelakuan baik maksudnya bermanfaat untuk aquascape salah satu contohnya yang saya katakan dalam pembahasan planaria tadi, dan ada yang berkelakuan tidak baik maksudnya mengganggu yang akan saya bahas ini. Saya tidak akan membahas secara spesifik tentang siput hama di sini karena terlalu panjang, mungkin nanti akan di buatkan artikelnya tersendiri. Di sini saya hanya akan membahas secara garis besarnya saja.
          Siput hama termasuk salah satu hewan yang mengganggu dalam aquascape kita, siput ini biasanya merusak daun tanaman, sehingga mengganggu proses fotosintesis tanaman yang berakibat pada pertumbuhan tanaman akan terganggu. Selain mengganggu pertumbuhan tanaman, perkembangbiakan siput hama yang cukup cepat akan merusak tampilan pmandangan aquascape kita. Oleh karena itu jika terdapat siput hama dalam aquascape harus segera di musnahakan, apanya?,aquscapenya?. Bukanlah hehe tentunya siput hamanya dong. Oke cara pencegahan dan penanganannya sebagai berikut
    • Pencegahan
                    Untuk pencegahannya yaitu
      1. Langkah paling awal adalah saat anda baru akan membuat aquascape pastikan substrat yang anda gunakan terbebas dari siput hama, caranya yaitu dengan mencuci substrat tersebut. Hal ini tidak berlaku jika anda membuat aquascape mengunakan substrat SOIL.
      2. Setelah membeli tanaman, hardscape kayu maupun batu pastikan tanaman dan hardscape tersebut terbebas dari hama siput, langkahnya sama seperti cara pertama tadi yaitu dengan mencucinya sampai bersih.
    • Cara mengatasi
          Untuk cara mengatasinya bisa menggunakan predator alami maupun snail remover selengkapnya lihat di sini cara-cara membasmi siput hama dalam aquascape


Sekedar TIPS :

  • Setiap membeli tanaman pastikan cuci bersih dahulu sebelum di masukan ke dalam aquascape kesayangan kita, karena makhluk-makhluk pengganggu di atas bisa saja terbawa dari tanaman yang kita beli, berlaku juga untuk hardscape baik batu maupun kayu. 
                    Baca juga :Kumpulan tips aquascape
 
          Yak dari tulisan saya di atas dapat di simpulkan bahwa yang saya maksud makhluk aneh pengganggu pada judul di atas adalah HAMA aquascape. Mungkin cukup sekian untuk artikel kali ini, tetap kunjungi blog aquascape-pemula ini untuk terus mendapatkan artikel-artikel menarik tentang aquascape dengan disertai tips-tipsnya. Mohon maaf atas kekurangan dalam penulisan artikel di atas. Semoga Bermanfaat

12 Responses to "Makhluk aneh pengganggu aquascape dan cara membasminya"

  1. itu semua apaan ya ?:o liatnya geli

    ReplyDelete
  2. Anjay geli gan liat mahkluk aneh nya..

    ReplyDelete
  3. Hamanya seram-seram... Hamanya cuma ada 3 ya ? Update donk min biar makin tau.. Ilmu nih

    ReplyDelete
  4. betul gan, memberi makan secara berlebihan memang sangat berbahaya

    ReplyDelete
  5. Mesti lebih berhati- hati lagi seperti nya

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  7. contoh2nya siput hama gimana ya gan? mungkin berupa nama atau gambar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah dikomentar ngga bisa kasih gambar, kalau siput hama contohnya seperti gambar yg pling atas, trus ada yg kerucut seperti trompet kecil2, nanti kalau udh ada waktu saya buatin artikelnya ya... jgn bosan2 berkunjung y gan, boleh request artikel jg kok ttg aquascape

      Delete
  8. saya mau beli cacing planaria dimana ya

    ReplyDelete
  9. kalau ada hubungi mail saya di solihinone@yahoo.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. cacing planaria buat apa kak?, di sini ngga jualan

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel