Jenis algae dan cara mengatasinya dalam aquascape

          Berbicara tentang algae tidak akan ada habisnya. Tidak hanya dalam aquascape kita, tumbuhan air yang ada di di alam liar juga di tumbuhi algae. Tetapi tumbuhnya algae di alam liar juga biasanya ada sebabnya, entah itu karena limbah ataupun penyebab lainnya. Pada dasarnya algae merupakan indikasi bahwa ada yang tidak benar dalam sistem ekosistem kita. Tumbuhnya algae di dalam aquascape sendiri biasanya di sebabkan oleh beberapa hal antara lain yaitu over nutrisi, over pencahayaan , atau memang air dalam aquascape kita belum mature. Sederhananya ekosistem dalam aquascape kita belum terbentuk layaknya di alam bebas. Terkadang tumbuhnya algae yang sulit diatasi membuat para aquascaper frustasi bahkan kadang ada yang memilih untuk me rescape aquascape mereka. Selain membuat kantong terkuras tentunya scape yang sudah kita buat sedemikian rupa tidak akan bisa di buat sama persis bukan. Oleh karen itu di sini saya akan membahas beberapa jenis algae dalam aquascape dan penanganannya. Langsung saja simak di bawah ini :
  • Brown algae


         Yang pertama ada brown algae atau biasa disebut juga sebagai diatom. Ciri fisik dari algae ini yaiu berwarna coklat seperti debu yang biasa menempel di daun tanaman. Algae ini biasanya muncul di awal-awal setup aquascape saat air dalam tanki belum mature. Penyebab dari algae ini yaitu karena amonia dalam air yang belum terurai sempurna. Untuk mengatasi algae ini bisa dilakukan dengan cara manual yaitu dengan menyedot algae ini dengan selang kecil (siphon) , cara ini bisa dilakukan saat anda melakukan water change/pergantian air.
  • Green spot algae


          Oke selanjutnya ada green spot algae atau biasa di singkat GSA. Ciri fisik algae ini yaitu  bintik-bintik kecil berbentuk bulat berwarna hijau. Algae ini biasanya menempel di kaca dan tumbuhan-tumbuhan air berdaun lebar. Biasanya algae ini disebabkan karena rendahnya kadar CO2 terlarut dalam air selain itu juga bisa disebabkan karena menurun atau rendahnya kadar phospat dalam air,Algae ini cukup sulit di hilangkan karena menempel kuat pada inangnya. Untuk menghilangkan algae ini tidak bisa di lakukan dengan cara shipon, cara manual satu-satunya yaitu dengan cara menggosoknya dengan kuku atau benda lain pada algae yang menempel pada kaca. Oleh karena penyebab di atas maka solusinya kita bisa meningkatkan kadar CO2 terlarut dalam air ataupun meningkatkan kadar phospat dalam air dengan dosing khusus.
  • Hair algae


          Selanjutnya ada hair algae, seperti namanya umumnya algae ini berbentuk seperti rambut berwarna hijau, algae ini juga cukup menjengkelkan karena menempel kuat pada inangnya, dan saat kita cabut manual terkadang membuat tanaman yang di tempeli ikut tercabut. Diantara beberapa penyabab tumbuhnya algae ini yaitu rendahnya kadar CO2 terlarut, kadar amonia yang berlebih karena tidak terurai sempurna. Untuk mengatasi algae ini bisa menggunakan fauna algae eater ataupun meningkatkan kadar CO2 terlarut dalam air.
  • Green dust algae


           Oke setelah tiga algae di atas, selanjutnya ada green dust algae. Ciri fisik dari algae jenis ini yaitu seperti debu berwarna hijau dan biasanya menempel pada kaca aquascape kita, tentunya hal ini akan sangat mengganggu bukan?. Lagi-lagi salah satu penyabab dari tumbuhnya algae ini yaitu karena rendahnya kadar CO2 terlarut dalam air, selain itu juga karena kurangnya nutrisi dalam  aquascape kita. Untuk mengatasi algae ini anda bisa menggunakan magnetic glass, dan selanjutnya bisa melakukan water change besar lebih dari 50% volume aquascape.
  • Staghorn algae

          Yang terakhir ada staghorn algae. Umumnya algae ini seperti rambut yang kusut dan berantakan berwarna abu-abu. Penyebab tumbuhnya algae ini yaitu perawatan yang kurang baik, sirkulasi air yang buruk, selain itu rendahnya kadar CO2 terlarut kembali menjadi penyebab. Maka dari itu solusi dari algae ini yaitu meningkatkan kadar CO2 terlarut sampai ke kadar yang pas, bisa memeriksa kadar CO2 dengan CO2 indikator, selain itu juga jangan malas membersihkan aquascape anda seperti substrat, filter, dll.

          Di atas telah di jelaskan beberapa algae, penyebab serta solusinya. Kesimpulan saya CO2 merupakan unsur terbesar penyebab dari tumbuhnya algae, mengapa begitu?,karena beberapa algae di atas di sebabkan oleh rendahnya kadar CO2 terlarut. Namun CO2 terlarut yang berlebih juga tidak baik karena bisa menyebabkan fauna kekurangan oksigen, dan akibat lainnya. Mungkin cukup sekian posting saya kali ini , mohon maaf atas kekurangan dalam penulisan artikel di atas, semoga bermanfaat.          

1 Response to "Jenis algae dan cara mengatasinya dalam aquascape"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel