Apakah ikan tidur?

cara tidur ikan
Apakah ikan tidur - Makhluk air maupun makhluk darat semuanya membutuhkan istirahat untuk memulihkan tenaganya setelah lelah beraktifitas. Istirahat yang perlu dan pasti semua makhluk hidup melakukannya adalah tidur. Tidak terkecuali dengan ikan, ikan juga membutuhkan tidur, namun ikan memiliki cara tidur yang berbeda dari makhluk lainnya. Mungkin sebagian dari kalian bartanya-tanya, kapan sih ikan tidur?, selama saya memelihara ikan tidak pernah tuh melihat dia tidur?. Sebenarnya kalian mungkin sudah pernah melihat ikan tidur namun kalian tidak menyadarinya bahwa ikan tersebut sedang tertidur. Kenapa saya bilang begitu?, ya...karena cara tidur ikan sangat berbeda dari kita ataupun makhluk lainnya. Lazimnya makhluk hidup saat tidur memejamkan matanya namun tidak dengan ikan. Saat tertidur ikan tidak memejamkan matanya, ada yang tahu kenapa?, Yups...betul sekali, yaitu karena ikan tidak memiliki kelopak mata seperti kebanyakan makhluk hidup.Ingin tahu seperti apa ikan tidur?, simak terus tulisan ini sampai habis.

Setiap ikan mempunya cara yang berbeda dalam tidurnya, begitu pula pada waktu tidurnya, ada yang tidur di siang hari dan ada yang tidur di malam hari. Pada dasarnya ikan akan memperlambat metabolsime saat tertidur guna memulihkan tenaganya kembali. Jadi ketika kamu melihat ikan cenderung diam dan melayang di air mungkin saja ikan itu sedang dalam posisi tertidur. Saat tertidur ikan juga sesekali akan menggerakan siripnya guna menjaga keseimbangan.

Bagaimana Umumnya Ikan Tertidur?

Penelitian mengungkapkan bahwa, ikan dapat mengurangi metabolisme dan aktifitas gerak mereka namun ikan dapat tetap menjaga kewaspadaan terhadap serangan predatornya. Jadi saat tertidur ikan masih setengah sadar, bahkan jika ada sedikit gerakan di sekitarnya ikan bisa langsung terbangun.

Cara Unik Lumba-lumba Tidur

Seperti ikan lainnya, lumba-lumba pun butuh istirahat. Lumba-lumba tidur hanya dengan satu belahan otak yang beristirahat pada suatu waktu, sehingga lumba-lumba tidur dengan satu mata tetap terbuak, loh kok satu mata tetap terbuka?, berarti bisa merem dong?. Ya karena lumba-lumba berbeda dengan kebanyakan ikan lainnya, lumba-lumba memiliki kelopak mata, sehingga dia bisa memejamkan mata.
Sementara satu belahan otak beristirahat, belahan otak lainnya tetap bekerja untuk memantau aktivitas di lingkungan sekitar, juga untuk mengontrol fungsi pernapasan. Cara tidur ini biasanya di sebut"unihemispheric sleep", mata pada sisi yang berlawanan dengan setengah otak yang beristirahat tetap terbuka.

Oke, lalu seperti apa sih ciri-ciri ikan pada umumnya yang sedang tertidur?, Akan sulit mengenali ikan yang sedang tertidur, namun kurang lebih ciri-cirinya seperti di bawah ini. 

Baca Juga

Ciri-ciri Ikan Sedang Tertidur

  1. Saat tertidur ikan cenderung diam (tidak bergerak aktif seperti biasanya) walaupun dengan mata terbuka, karena kebanyakan ikan memang tidak memiliki kelopak mata.
  2. Saat tertidur biasanya ikan dalam keadaan diam di dasar air atau melayang di tengah air tanpa pergerkan, walaupun sesekali menggerakan siripnya guna menjaga keseeimbangan.
  3. Ikan akan setengah sadar saat tertidur, sehingga ketika ada sedikit gerakan yang mengancam di sekitarnya maka dia akan langsung terbangun(langsung bergerak seperti biasanya).
  4. Untuk ikan lumba-lumba tidur biasanya tidur dengan satu mata tetap terbuka, tunggu?, satu mata terbuka, artinya satu mata lagi tertutup dong?, yups betul, lumba-lumba berbeda dengan kebanyakan ikan lainnya, dia memiliki kelopak mata sehingga dapat memejamkan matanya.
Sudah tahu kan bagaimana ikan tidur?, oke semoga jelas tulisan tentang apakah ikan tidur dan bagaimana cara tidurnya. Dan semoga tidak ada lagi lelucon "ikan tidur apa enggak?" tanpa jawaban yang pasti.

Mungkin cukup sekian tulisan kali ini, bila ada yang kurang jelas bisa tanyakan di kolom komentar di bawah atau juga jika memiliki saran, kritik, atau perbaikan juga bisa sampaikan di kolom komentar. Mohon maaf jika ada yang kurang jelas atau kurang tepat dalam tulisan di atas. Semoga Bermanfaat.

6 Responses to "Apakah ikan tidur?"

  1. kalau ikan tidur terus kelelep gimana gan? :'v

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. hahaha artikel unik dan perlu untuk di bahas...ternyata ikan juga tidur, tapi lucunya matanya tetap terbuka, kalau manusia tidur dengan mata terbuka itu apa???

    ReplyDelete
  4. hahaha baru tahu saya,kalau tidur terus kalo dilaut kebawa arus gimana tuh nanti, bisa-bisa pindah wilayah :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Y kan tidak mungkin jg kalau ikan tidur di tempat yg arusnya deras kan sist, pasti dia cari tempat sembunyi dulu hehe, terima kasih sudah berkunjung.

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel