Tanaman Background Aquascape

tanaman background aquascape
pict by google.com
Tanaman Background Aquascape , Dalam dunia aquascape kita mengenal tiga penempatan tanaman yaitu background, midground, dan foreground. Nah untuk kali ini saya hanya ingin membahas jenis tanaman background aquascape.

Tanaman background aquascape adalah tanaman yang di tempatkan atau di tanam di bagian paling belakang aquascape. Ciri-ciri tanaman background aquascape yang paling terlihat biasanya dari ukurannya. Tanaman background aquascape memiliki ukuran paling tinggi dari tanaman midground maupun foreground. Kenapa tanaman background aquascape memiliki ukuran paling tinggi dari midground maupun foreground?. Ya tentunya agar terlihat karena tanaman background aquascape di tanam di bagian paling belakang dari aquascape kita.

Oke, Pada tulisan di atas saya membandingkan tanaman background aquascape dengan tanaman midground dan foreground, tapi apa sih maksud ketiga istilah penempatan tanaman di atas?. Jadi yang di maksud pada ketiga istilah di atas adalah.

  1. Tanaman foreground : adalah jenis tanaman aquascape yang penempatan/penanamannya berada di bagian paling depan dari aquascape. Karena penempatan dari tanaman jenis ini di depan maka umumnya memiliki ukuran yang paling kecil daripada tanaman jenis midground maupun background. Tanaman jenis foreground biasanya di tanam untuk membuat layout lapangan hijau, tapi bukan berarti semua jenis tanaman foreground fungsinya untuk membuat layout lapangan hijau y!!. Contoh tanaman jenis foreground antara lain cuba, montecarlo, dan masih banyak lagi. Namun tanaman jenis moss juga biasanya di gunakan sebagai tanaman foreground.
  2. Tanaman midground : adalah jenis tanaman aquascape yang penempatannya berada di tengah, yaitu diantara jenis tanaman foreground dan background. Karena penempatannya di tengah ukuran tanaman jenis ini biasanya sedang(tidak terlalu tinggi juga tidak terlalu pendek). Contoh jenis tanaman midground salah satunya adalah anubias nana.
  3. Tanaman Background : adalah jenis tanaman aquascape yang penempatannya berada di bagian paling belakang aquascape. Karena penempatannya di bagian paling belakang maka umumnya ukuran tanaman jenis background memiliki ukuran paling tinggi di bandingakan tanaman jenis foreground dan midground. Nah ini yang akan kita bahas di bawah.
Yak , setelah kita mengetahui istilah penempatan tanaman dalam aquascape, langsung saja kita masuk ke topik utama dari tulisan kali ini yaitu Tanaman Background Aquascape. Oke, di bawah adalah beberapa jenis tanaman background yang biasa di pakai untuk aquascape.

Baca Juga :


  • Cabomba Caroliniana

tanaman background aquascape
pict by google.com
Yang pertama yaitu cabomba caroliniana. Cabomba caroliniana merupakan jenis cabomba yang daunnya berwarna hijau atau biasa di sebut juga green cabomba. Tanaman ini jika di lihat sekilas seperti pohon pinus mini. 

Tingkat kesulitan perawatan tanaman green cabomba tergolong mudah, namun green cabomba membutuhkan pencahayaan yang tinggi. 

Berdasarkan pengalaman saya menanam jenis green cabomba memang tergolong mudah dan pertumbuhannya cepat di tingkat pencahayaan tinggi. Namun ketika grenn cabomba di tanam pada aquascape dengan tingkat pencahayaan rendah daunnya akan mudah rontok. 
Berikut lebih detail tentang green cabomba.

Nama Umum : Green Cabomba
Nama Ilmiah : Cabomba Caroliniana
Tingkat CO2 : Rendah
Pencahayaan : Tinggi
Penempatan : Midground, Background
Pertumbuhan : Cepat
Kesulitan : Mudah
Tempat Asal : Amerika Utara
Jenis Tanaman : Stem Plant
Genus : Cabomba
Family : Cabombaceae
Emersed : Tidak

Untuk mendapatkan tanaman jenis green cabomba cukup mudah. Tanaman jenis cabomba caroliniana/green cabomba sudah banyak di jual di toko-toko aquascape terdekat.

  • Elgeria Dense

tanaman background aquascape
pict by flowerian.com
Selanjutnya ada elgeria dense. Elgeria dense merupakan jenis tanaman background aquascape yang mudah perawatannya. 

Jenis tanaman ini juga berfungsi untuk menyerap kelebihan nutrisi pada aquascape, sehingga tanaman ini cocok di gunakan pada aquascape yang baru setup dimana keadaan aquascape tersebut masih belum mature dan nutrisi dalam aquascape tersebut belum terserap sempurna. 

Berdasarkan pengalaman saya menanam elgeria dense, tanaman ini memamg mudah di tanam bahkan di aquascape tanpa CO2 masih dapat tumbuh dan pertumbuhannya relatif cepat. Tanaman ini juga tidak membutuhkan tingkat pencahayaan yang tinggi seperti jenis Cabomba di atas. 
Berikut lebih detailnya tentang tanaman elgeria dense.

Nama Ilmiah : Elgeria Dense
Tingkat CO2 : Rendah - Sedang
Penempatan : Midground, Background
Pencahayaan : Sedang
Pertumbuhan : Cepat
Kesulitan : Mudah
Tempat Asal : Amerika Selatan
Jenis Tanaman : Stem Plant
Genus : Egeria
Family : Hydrocharitaceae
Emersed : Tidak

Untuk mendapatkan tanaman jenis  elgeria dense cukup mudah. Tanaman jenis elgeria dense sangat mudah di jumpai di toko-toko aquascape terdekat.

Yak di atas sudah saya bahas mengenai tanaman background aquascape. Mungkin kamu bertanya-tanya lho kok cuma dua?. Ya saya hanya membahas dua jenis tanaman di atas karena saya baru mencoba dua jenis tanaman background di atas. Sebenarnya masih banyak lagi jenis tanaman background aquascape, mungkin kedepannya akan saya update tulisan ini setelah saya mencoba tanaman background aquascape lainnya.

Secuil Tips

Untuk menanam tanaman jenis cabomba sebaiknya di tanam pada aquascape dengan tingkat pencahayaan sedang sampai tinggi. Berdasarkan pengalaman pribadi, menanam cabomba pada aquascape dengan tingkat pencahayaan rendah akan membuat daun tanaman ini mudah rontok.  Semoga Bermanfaat.

Mungkin cukup sekian untuk tulisan kali ini. Jika ada yang tidak pas atau ingin di tanyakan dari ulasan di atas mohon beri tahu kami di kolom komentar di bawah. Akhir kata saya mohon maaf apabila ada salah-salah kata atau penulisan artikel di atas, terima kasih kunjungannya. Semoga Bermanfaat.

2 Responses to "Tanaman Background Aquascape"

  1. Ilmu ini sangat bermanfaat bagi saya yang masih pemula, terimakasih dengan membaca postingan ini jadi tambah wawasanku ttg tanaman.

    ReplyDelete
    Replies
    1. oke, ikuti terus blog ini untuk tahu tulisan2 terbaru tentang aquascape

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel