Ikan cupang asli indonesia

Ikan cupang asli indonesia - Ikan cupang..mungkin sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat indonesia ya. Hobi memelihara ikan cupang sudah menyebar ke seluruh penjuru nusantara. Harga ikan cupang pun relative, ada yang murah sekitar Rp 5000 hingga yang mahal sampai jutaan rupiah. Lalu kira-kira apa ya yang membuat ikan cupang mahal?. Mahalnya ikan cupang biasanya di pengaruhi oleh beberapa faktor, dan faktor yang paling mempengaruhi mahalnya ikan cupang tentunya adalah corak warnanya. Namun di sini saya tidak ingin membahas harga-harga ikan cupang. Kali ini saya ingin membahas ikan cupang asli indonesia.

Betta patoti namanya, adalah salah satu cupang liar asli dari pulau Kalimantan. Betta Patoti banyak di temukan di sungai Sebuku(Kalimantan Timur). Jenis Betta Patoti menyukai alam air dengan Ph yang cenderung asam dan suhu air yang dingin. Ekornya yang tidak terlalu lebar seperti cupang umumnya membuat betta patoti terlihat seperti arwana mini.

Betta Patoti berkembang biak dengan cara mouthbrooder. Ikan ini juga gemar meloncat dari aquarium. Dengan ciri khas badan kecoklatan dan sifat liarnya yang sangat agresif membuat cupang yang satu ini terlihat gahar. Ingin tahu lebih lanjut tentang betta patoti?. Silahkan simak di bawah ini.

Baca Juga

Betta Patoti

Betta patoti merupakan salah satu spesies ikan cupang dari 73 spesies ikan cupang di dunia. Betta patoti masuk ke dalam kelompok B. Unimaculata Complex dari 13 complex ikan cupang. Berikut lebih detailnya tentang betta patoti.
Asal  :
Kalimantan, Indonesia.
Ukuran :
Panjang maksimal bisa mencapai 10cm.
Iklim :
Tropis dengan suhu 22C - 27C dan Ph 3.7-6.3 (Ph asam).
Cara berkembang biak :
Mouthbrooder.
Genus :
Betta (Bleeker, 1850).
Spesies :
Betta Patoti.
Kelompok :
B. Unimaculata Complex.
Nama Binomial :
Betta Patoti (Weber dan de Beaufort, 1922).
Ciri-ciri :
Memiliki warna khas kecoklatan, ukuran tubuh lebih besar di bandingkan dengan cupang pada umumnya, tidak memiliki ekor yang lebar seperti ikan cupang pada umumnya.

Secuil Tips

Jika kamu ingin memelihara ikan betta patoti sediakanlah wadah yang lebih besar dari wadah ikan cupang pada umumnya, mengapa?. tentu karena ke agresifan betta patoti yang gemar meloncat dari aquarium. Untuk mengakali kebutuhan suhu air yang cocok untuk betta patoti(23C-27C) kamu bisa menggunakan kipas sebagai pendingin seperti pada aquascape kamu. Untuk masalah Ph, saya rasa air tanah sudah cukup baik untuk memelihara Betta Patoti.

Baca Juga

Jika kamu ingin memelihara Betta Patoti mungkin harganya masih cukup mahal karena belum banyak yang membudidayakannya. Lain jika kamu bertempat tinggal di Kalimantan, maka kamu tidak perlu membeli karena bisa langsung menangkapnya di alam. Namun saran saya jika kamu ingin menangkapnya, jangan mengeksploitasinya, tangkaplah secukupnya hanya untuk kamu pelihara agar Betta Patoti tetap lestari di alam liar Indonesia.

Oke pembahasan mengenai Betta Patoti sebagai salah satu ikan cupang asli indonesia saya rasa sudah cukup. Maka mungkin cukup sampai di sini untuk artikel kali ini. Akhirnya saya mohon maaf atas kekurangan dalam penulisan artikel di atas, jika ada yang ingin di tanyakan, atau ingin memberi kritik, saran silahkan sampaikan di kolom komentar di bawah, semoga bermanfaat.

11 Responses to "Ikan cupang asli indonesia"

  1. Kalau zaman kecil saya itu yang cupang diatas disebut cupang jago cabe hahaha,cupang khas Indonesia diatas mungkin untuk didaerah daerah intim sudah sukar ditangkap ya gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin gan, tpi sekarang sudah ada yg membudidayakannya, jdi gk perlu nangkep, kalaupun mau nangkep sebaiknya secukupnya saja

      Delete
  2. Saya dulu punya banyak ikan cupang gini, kalo kepalanya item dia pinter berantem, hahaha

    ReplyDelete
  3. dulu saya sering nangis karena ikan ini gan wkwkwk

    ReplyDelete
  4. waktu kecil ane seneng adu in ikan cupang :v

    ReplyDelete
  5. dulu saya kira ikan cupang itu gede lho. ternyata kecil. hehe

    ReplyDelete
  6. Nambah ilmu tentang ikan cupang :D makasih gan artikel-artikelnya :)

    ReplyDelete
  7. wah menarik gan.. jadi ke inget waktu kecil..
    makasih infonya, kpan2 klo ada waktu sya beli lah..

    ReplyDelete
  8. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  9. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel