Aplikasi android untuk belajar aquascape



aplikasi android untuk belajar aquascapeAplikasi android belajar aquascape -  Di dalam belajar apapun khususnya dalam hal ini belajar aquascape tentunya ada banyak cara, ya kan?, mulai dari searching di internet, bertanya di forum aquascape, dan belajar dari aplikasi smartphone. Terkadang kita searching di internet informasinya kurang lengkap atau bahkan tidak ada artikel yang kita cari, cara lainnya yaitu bertanya di forum aquascape, tapi kan kalau terlalu banyak bertanya  kadang kita merasa tidak enak hati iya kan?. Oleh karena itu jika kalian sudah searching dan kurang puas dengan informasi yang di dapatkan di internet, atau ingin bertanya di forum tapi sudah terlalu banyak bertanya jadi tidak enak hati, malu atau apalah alasan lainnya, solusinya adalah mencari informasi melalui aplikasi.
Di zaman sekarang ini yang "bukan zaman batu lagi" pasti setiap orang sudah tidak asing dengan yang namanya smartphone. Hampir setiap orang memiliki apa itu yang namanya smartphone. Dengan smartphone kita dapat dengan mudah mencari dan mengunduh berbagai jenis aplikasi melalui playstore/appstore. Pertanyaannya adalah "Apakah ada aplikasi smarthphone untuk belajar aquascape?" Tentunya ada malahan banyak tersedia khususnya untuk platform android di playstore. Aplikasi-aplikasi ini sangat cocok untuk aquascaper pemula, Karena fiturnya lengkap dan membahas masalah aquascape secara spesifik. Salah satu aplikasi yang saya suka adalah aqua enlightenment. Di dalam aplikasi ini terdapat fitur untuk menghitung pencahayaan yang di butuhkan untuk volume aquascape kita. Namun fitur ini menurut saya kurang tepat, jadi saya tidak menggunakan fitur ini untuk menghitung pencahayaan dalam aquascape saya. Yang saya suka dari aplikasi ini bukanlah dari fitur pencahayaan tadi melainkan fitur yang membahas tanaman aquascape. Di dalam aqua enlightenment terdapat fitur yang membahas informasi berbagai jenis tanaman aquascape secara rinci, mulai dari pencahayaan yang di butuhkan, penempatan yang tepat, hingga kadar co2 yang di butuhkan untuk tanaman tersebut.
Oke untuk lebih detailnya apa saja aplikasi-aplikasi yang bisa di gunakan untuk belajar aquascape, simak artikel ini sampai selesai.

  • Aqua Enlightment

     

aplikasi belajar aquascapeYang pertama ada aqua enlightment. Seperti yang saya katakan tadi ini merupakan salah satu aplikasi smartphone untuk belajar aquascape yang saya sukai. Di dalam aplikasi ini terdapat banyak fitur untuk belajar aquascape, mulai dari fitur kalkulasi pencahayaan hingga informasi detail tentang berbagai jenis tanaman aquascape.
Di dalam filtur kalkulasi pencahayaan untuk aquascape, kita dapat menghitung kebutuhan cahaya untuk volume aquascape tertentu. Cara menggunakannya pun mudah
    1. Pertama, tap tombol strip tiga di pojok kanan atas aplikasi, setelah terbuka pilih pada "perlengkapan".
    2. Setelah terbuka tab perlengkapan, kalian tinggal memasukan "Panjang, Lebar dan Tinggi" aquarium kalian dalam satuan "cm", Lalu pilih jenis lampu seperti T5,T8, LED dan lainnya. Pilih juga tingkat pencahayaan yang kalian inginkan yaitu low light, medium light, atau hight light.
    3. Terakhir, tinggal tap tombol Hitung, dan hasilpun di dapatkan.
Namun saya kurang suka dengan fitur kalkulasi pencahayaan ini. Menurut saya perhitungan pencahayaan pada aplikasi ini kurang tepat sehingga saya tidak menggunakan aplikasi ini untuk menghitung pencahayaan yang di butuhkan untuk aquascape saya.
aplikasi android belajar aquascape
Kalkulasi Pencahayaan


Selain fitur kalkulasi di atas, aqua enlightment juga mempunyai fitur lainnya yaitu info tentang berbagai jenis tanaman. Nah inilah fitur yang saya sukai dari aplikasi aqua enlightment. Di fitur tentang berbagai macam tanaman ini kita bisa melihat informasi tanaman secara rinci, mulai dari pencahayaan yang di butuhkan, penempatan yang tepat, hingga kadar CO2 yang di butuhkan untuk tanaman tersebut.
aplikasi android belajar aquascape
Informasi Tanaman
Naahhh, keren bukan fitur-fitur pada aplikasi aqua enlightment?, maka dari itu aplikasi ini recommended banget buat kalian para aquascaper, terkhusus untuk aquascaper pemula seperti saya hehe. Untuk mendapatkan aplikasi ini silahkan kalian download di playstore android kalian masing-masing.
Baca juga Tanaman mudah untuk aquascape
  • Belajar Aquascape

     

belajar aquascape pemulaOke yang selanjutnya ada aplikasi Belajar Aquascape. Seperti namanya aplikasi ini memang sangat cocok untuk belajar mendalami dunia peraquascapepan, baik untuk aquascaper pemula hingga yang sudah lama menggeluti dunia aquascape. Kenapa saya bilang sangat cocok?. Ya karena di dalam aplikasi ini terdapat pembahasan yang sangat lengkap mulai dari pengertian aquascape, media filter untuk aquascape hingga penyakit pada tanaman aquascape.
Di aplikasi Belajar Aquascape bahkan terdapat bahasan tentang cara membuat CO2 DIY(Do it Yourself) atau bahasa sederhananya yaitu cara membuat gas CO2 sendiri dari bahan sitrun.
Pembahasan materi-materi aquascape di aplikasi Belajar Aquascape cukup lengkap dan bahasa penyampaiannya pun mudah di mengerti oleh pembaca, baik yang masih pemula maupun yang sudah ahli dalam dunia aquascape. Dari segi tampilan pada aplikasi Belajar Aquascape cukup simple dan tidak ribet sehingga sangat mudah untuk menggunakannya. Pembahasan yang lengkap dan bahasa penyampaiannya yang mudah di mengerti pembaca dapat menjadi alasan aplikasi ini juga sangat recommended untuk belajar aquascape.
Untuk mendapatkan aplikasi ini silahkan kalian download di playstore android kalian masing-masing.

  • Aquascape Design Ideas

     

kumpulan design aquascapeYup, Yang ketiga dan yang terakhir ada aplikasi Aquascape Design Ideas. Tidak seperti dua aplikasi belajar aquascape di atas, pada aplikasi aquascape design ideas tidak tersedia banyak fitur ataupun pembahasan. Di aplikasi aquascape design ideas memang hanya di khususkan bagi para aquascaper yang sedang mencari ide untuk mendesign aquascape mereka. Mungkin kalian bertanya-tanya mengapa saya bilang hanya di khusukan bagi para aquascaper yang sedang mencari ide untuk mendesign aquascape mereka, menurut kalian kenapa saya bilang begitu?, Yup betul sekali, saya bilang begitu karena di dalam aplikasi ini hanya terdapat gambar-gambar design dari para mastah di dunia aquascape. Mungkin bisa di bilang aplikasi ini hanya penampil foto design aquascape.
Meskipun begitu aplikasi ini sangat berguna terutama bagi kalian yang sedang mencari inspirasi untuk mendesign aquascape. Di aplikasi ini terdapat kurang lebih 50 gambar design aquascape dari mastah-mastah aquascape di penjuru bumi ini hehe. Untuk mendapatkan aplikasi ini pun sama seperti dua aplikasi di atas yaitu dengan cara mendownloadnya langsung dari playstore android kalian masing-masing.

Secuil Tips

Dalam mencari informasi tentang aquascape sebaiknya jangan berpedoman pada satu sumber, carilah informasi sebanyak-banyaknya dari berbagai sumber. Jangan takut untuk mencoba, karena keadaan sebenarnya terkadang lain dengan teori, tetap semangat kawan.

Baca Juga

Tidak terasa yang kita sudah sampai di penghujung acara, eehh maksud saya penghujung artikel hehe. Yak jadi aplikasi-aplikasi di atas adalah aplikasi android yang pernah saya coba di smartphone saya. Aplikasi-aplikasi di atas tersedia secara GRATIS di playstore android kalian. Untuk aplikasi aqua enlightment mungkin tersedia juga untuk pengguna Iphone, namun saya tidak tahu untuk aplikasi belajar aquascape dan aquascape design ideas apakah tersedia juga untuk pengguna Iphone atau tidak.
Akhirnya saya memohon maaf apabila ada kesalahan dan salah-salah kata dalam artikel di atas. Apabila kalian punya kritik, saran, atau request bisa sampaikan melalui kolom komentar di bawah. terima kasih, Semoga Bermanfaat.

39 Responses to "Aplikasi android untuk belajar aquascape"

  1. agak membutuhkan kesabaran dan ketelatenan ya kayaknya belajar ginian

    ReplyDelete
    Replies
    1. kasabaran dan ketelatenan itu pasti di butuhkan gan

      Delete
  2. info yang sangat bermanfaat (y)

    ReplyDelete
  3. Banyak juga aplikasinya tapi semua tergantung pengguna sih, yg mana mereka rasa comfortable with

    ReplyDelete
  4. Artikel yang sangat bermanfaat, menjadi informasi bagi orang lain yang belum tahu tentang adanya aplikasi ini..terimakasig

    ReplyDelete
  5. jadi pengen nyoba , makasih infonya gan

    ReplyDelete
  6. Belajar bikin aqua scape dlu ahh.. biar nambah ilmu. :D

    ReplyDelete
  7. wah sangat menarik infonya gan, lanjutkan

    ReplyDelete
  8. Wah menambah manfaat ini , baru tahu juga ada aplikasi kayak gituan , jadi bisa mudah buat belajar. Thanks

    ReplyDelete
  9. mau nanya gan, kalo kita letak tanaman gitu untuk aquarium apa itu juga disebut aquascape? soalnya baru denger ini istilah :)
    btw, nice artikel

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau menurut saya slama dalam aquarium sudah menggunakan bahan-bahan alami atau tanaman asli bisa di sebut aquascape

      Delete
  10. Hemmm dapet pelajaran baru nih, aquascape bermanfaat nih,

    ReplyDelete
  11. wah keren sekali, mantab, thanks gan, ditunggu post selanjutnya

    ReplyDelete
  12. Mantap infonya gan, sebelum buat aquascape belajar dulu menggunakan applikasinya

    ReplyDelete
  13. Berguna banget nih,tapi design aquascape gimana ya gan?

    ReplyDelete
  14. mantep nih untuk buat aquascape pake android

    ReplyDelete
  15. tutor tentang aquascape nya lengkap gan, ijin menerapkan tutornya ke temen-temen

    ReplyDelete
  16. bookmark dulu gan, biar makin paham dan dipelajari detailnya

    ReplyDelete
  17. bagus banget hasilnnya ijin coba nih gan

    ReplyDelete
  18. Makasih gan infonya sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  19. size aplikasinya sekitaran berapa gan?

    ReplyDelete
  20. aquaspace itu akuarium itu kan ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan, akuarium yang di jadikan tempat membuat alam mini buatan

      Delete
  21. Sedikit demi sedikit mau belajar aquascape

    ReplyDelete
    Replies
    1. sip gan, ayo belajar aquascape bersama di blog ini

      Delete
  22. mantab ini lagi buming lho aquascape :D

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel