cara membuat aquascape kumpulan tips

cara membuat aquascape air tawar kumpulan tips - Aquascape sederhananya merupakan cara membuat ekosistem hidup di air tawar. Aquascape sendiri merupakan jenis aquarium air tawar yang dibuat menggunakan bahan-bahan asli seperti di alam air tawar baik flora maupun faunanya. Meskipun sudah banyak dijelaskan terkadang masih ada saja yang menyamakan aquascape dengan aquarium laut, padahal sudah jelas bahwa aquascape merupakan ekosistem dalam aquarium air tawar. Tips sendiri merupakan cara istimewa atau bahkan rahasia dari seseorang. Tidak hanya dalam dunia bisnis, dalam dunia peraquascapean juga masing-masing orang pasti memiliki tips tersendiri. Terkadang tips-tips tersebut berawal dari kesalahan atau kegagalan yang membuat kita mencari tahu penyebab dari kegagalan tersebut. Maka dari itu kali ini blog aquascape akan membagikan beberapa tips yang mungkin bermanfaat bagi anda yang sedang terkena virus aquascape. Oke tidak usah panjang lebar langsung saja simak di bawah ini :

  • Tips memilih aquarium

          Oke yang pertama ada tips atau cara memilih aquarium. Untuk memilih akuarium yang akan di gunakan sebagai aquascape sebaiknya perhatikan ketebalan kaca dari aquarium tersebut. Mungkin tips ini jarang di perhatikan oleh aquascaper pemula, maka dari itu saya akan mengulasnya di sini. Untuk memilih aquarium sebaiknya perhatikan antara ketebalan kaca dengan ukuran aquarium tersebut, oke lihat tips-tipsnya di bawah ini :

  1. Untuk aqurium ukuran di 30-60 cm sebaiknya gunakan kaca dengan ketebalan 5 mm untuk kaca samping dan 8mm untuk kaca bawah/alas, mengapa saya menyarankan agar kaca alasnya lebih tebal?, yaitu karena dalam membuat aquascape, nantinya kita akan menggunakan hardscape batu maupun kayu yang cukup berat, dan di tambah lagi dengan beban substrat yang kita pakai, sehingga tekanan kaca alas aquarium semakin berat berbeda dengan aquarium biasa yang hanya di isi air dan hiasan yang cukup ringan. Dari alasan di atas maka saya menyarankan agar kaca alas aquarium menggunakan kaca yang lebih tebal.
  2. Untuk aquarium ukuran 60-100 cm sebaiknya gunakan kaca dengan ketebalan 8 mm dengan kaca alas yang lebih tebal, alasannya pun sama dengan yang tadi, lalu mengapa harus menambah ketebalan kaca jika alasannya sama dengan yang tadi?. Tentunya karena semakin besara ukuran aquarium tentunya semakin besar pula hardscape yang kita pakai dan juga volume air dalam aquarium semakin besar sehingga tekanan dalam aquarium pun semakin besar. Untuk aquarium di atas ukuran tersebut gunakanlah kaca dengan ketebalan kaca 1 cm ke atas. Untuk lebih detailnya tentang ukuran ketebalan kaca anda bisa langsung bertanya pada pembuat aquarium yang akan anda pesan, tentunya mereka lebih tahu bukan.

  • Tips memilih filter aquascape

          Yang kedua ada tips memilih filter untuk aquascape. Dalam memilih filter yang akan kita pasang dalam aquascape sebaiknya kita ketahui dulu volume air aquascape kita. Setelah kita tahu volume air dalam aquascape kita selanjutnya kita kalikan sepuluh, mungkin anda bingung dengan penjelasan saya di atas, oke saya kasih contoh, misal kita memiliki aquascape berukuran P 60 , L 30, T 30, terlebih dahulu kita ketahui volumenya yaitu dengan mengalikan PxLxT maka 60x 30x 30 = 54000 cm. Untuk mengatahui volumenya dalam liter kita harus membagikan hasil kali tadi dengan 1000 atau berarti kita harus mengkonversikan dari cm ke dam, karena dam = liter maka 54000:1000 yaitu 54 L setelah kita tahu hasilnya kita kalikan dengan 10 yaitu 54x10 hasilnya = 540, jadi filter yang ideal untuk ukuran aquarium di atas adalah 540 l/h namun kebanyakan tidak ada filter yang kapasitasnya sama persis dengan hasil kali kita, maka dari itu kita bisa memilih filter yang mempunyai kapasitas sedikit di atasnya namun jangan memilih kapasitas filter yang  di bawah dari volume hasil kali kita.
Untuk memilih jenis-jenis filter untuk aquascape bisa lihat di sini .

  • Tips memilih lampu aquascape

          Selanjutnya ada tips memilih lampu untuk aquascape. Untuk memilih lampu untuk aquascape selain melihat budget, kita harus melihat kualitas lampu yang kita pilih. Jika memiliki budget lebih sebaiknya pilih lampu jenis LED HPL karena led tersebut memiliki banyak keunggulan di bandingakan lampu jenis lainnya, namun jika anda hanya memiliki budget pas-pasan seperti saya hehe, anda bisa memilih lampu yang meiliki rate kelvin 6500 k ke atas. Selain itu juga pertimbangkan untuk memilih lampu yang presentase hemat energinya tinggi layaknya jenis led, karena pertimbangan biaya untuk daya listrik merupakan pertimbangan jangka panjang. Ketahanan lampu juga patut kita pertimbangkan. Saya sendiri lebih memilih menabung dan menunggu agar budget saya cukup untuk membeli lampu yang memiliki energi saving tinggi + awet, pilihan saya jatuh kepada LED HPL. Namun saya merangakainya sendiri karena hal itu membuat budget untuk led jauh lebih murah di bandingkan membeli yang pabrikan. 
Untuk mengetahui lebih lanjut tentang lampu untuk aquascape anda bisa ke sini .

  • Tips memilih jenis tanaman aquascape

          Tips yang ke empat ada tips memilih jenis tanaman aquascape. Dalam memilih jenis tanaman yang akan di tanam dalam aquascape kita sebiknya kita lihat kondisi aquascape kita. Yang di maksud kondisi di sini yaitu aquascape tema apa yang anda buat, kondisi pencahayaannya bagaimana, apakah low, medium atau high, layout aquascape kita, ukuran aquascape kita, yang paling penting ialah seberapa sulit perawatan tanaman tersebut. Tidak lucu bukan jika nantinya kita membeli tanaman yang bagus, harganya mahal tapi kita tidak tahu cara merawatnya atau perawatan tanaman tersebut cukup sulit dan akhirnya tanaman itu layu tentunya kita akan rugi bukan?, maka dari itu dalam memilih tanaman kita harus lihat dulu bagaimana perawatan tanaman tersebut dan aquascape seperti apa yang ingin kita buat.

  • Tips memilih fauna aquascape

          Yang selanjutnya ada tips memilih fauna aquascape. Pemilihan fauna untuk aquascape tidaklah sembarangan. Aspek utama yang harus kita perhatikan adalah apakah fauna tersebut memakan tanaman, menggali substrat atau tidak, sehingga kita tidak semua fauna yang biasa di pelihara di aquarium bisa di pelihara di aquascape. Selain aspek utama tadi kita juga harus melihat kondisi aquascape kita, yaitu seperti apa layout kita, harus ada keserasian antara fauna dengan layoutnya sehingga nantinya akan sedap di pandang mata. 

  • Tips memasukan fauna ke dalam aquascape

          Tips yang satu ini mungkin sudah banyak yang tahu ya, yaitu cara memasukan fauna ke dalam aquascape atau lebih tepatnya cara memindahkan fauna dari wadah plastik ke dalam aquascape. Namun walaupun tips ini sudah banyak yang mengetahui tidak ada salahnya saya share di sini mungkin masih ada teman kita yang belum mengetahuinya. Cara memindahkan ikan dari wadah plastik ke dalam aquascape kita cukup simpel yaitu pertama celupkan wadah plastik yang berisi ikan atau fauna lainnya ke dalam aquascape kita, diamkan selama 15 menit, selanjutnya buka ikatan wadah plastik tadi lalu tuangkan secara perlahan fauna beserta air yang ada di dalam wadah plastik tersebut ke dalam aquascape kita, langkah ini bertujuan untuk menyesuaikan suhu air dalam plastik secara perlahan supaya sama dengan suhu air aquascape kita sehingga fauna tidak kaget dengan perubahan suhu yang drastis.

  • Tips tambahan sederhana

  1. Saat setup aquascape sebaiknya pasang peralatan aquascape terlebih dahulu baru membuat layout, langkah ini bertujuan agar layout tidak terganggu dengan pemasangan peralatan nantinya.
  2. Saat akan setup aquascape sebaiknya cuci dahulu pasir, hardscape kayu maupun batu agar tidak menyebabkan air aquascape kita jernihnya lama. Kecuali jika anda menggunakan soil sebagai substrat maka anda hanya perlu mencuci hardscapenya saja.
  3. Saat membeli tanaman baru, cucilah terlebih dahulu sebelum di masukan ke dalam aquascape kita, langakah ini bertujuan untuk mengantisipasi jika terdapat keong hama maupun telurnya pada tanaman tersebut akan hilang.
  4. Jangan menyalakan lampu aquascape lebih dari 12 jam, karena dikhawatirkan akan tumbuhnya algae dalam aquascape kita.
  5. Saat akan memasukan tangan anda ke dalam aquascape entah untuk tujuan apa sebaiknya cuci tangan dahulu, untuk menghilangkan zat-zat yang mungkin bisa tidak baik untuk aquascape kita.

Di atas telah di jelaskan beberapa tips tentang aquascape. Jika anda ingin lebih mendalami tentang aquascape anda harus sering trial and error karena kegagagalan adalah pelajaran berharga, kita bisa mencari penyebab dari kegagalan yang berujung pada menambah wawasan dan pengetahuan kita, jangan patah semangat untuk terus bermain aquascape, semoga bermanfaat.

7 Responses to "cara membuat aquascape kumpulan tips"

  1. tips nya bagus gan .. bermanfaat banget

    http://mrread.net

    main kesini gan

    ReplyDelete
  2. mantep tips nya.. berkarya dengan seni aquascape

    ReplyDelete
  3. wah ini suatu karya seni yang indah gan.. seni aquacscape

    ReplyDelete
  4. Saya masih newbie dalam pembuatan aquascape nih, tapi sedikit2 berusaha berkat info ini

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel